Pages - Menu

Rabu, 17 Oktober 2012

CV formal atau CV kreatif?

Seperti yang kita ketahui, pihak Sumber Daya Manusia sering kali memiliki sedikit waktu untuk menyeleksi banyaknya surat lamaran dan resume yang terkirim ke email atau alamat perusahaannya. Maka, banyak pencari kerja yang kemudian berpikir untuk "mencuri" perhatian perusahaan dengan menampilkan desain yang berbeda dalam resume mereka. Jadi, apa perbedaan mendasar resume kreatif dengan resume formal, dan bagaimana penggunaan tepatnya?

CV Kreatif untuk Posisi Kreatif
CV kreatif akan sangat menarik bila kreativitas yang ditunjukkan dalam resume itu sesuai dengan keahlian yang dibutuhkan dalam posisi yang dilamar. Namun, resume berformat kreatif untuk posisi-posisi yang menuntut formalitas justru bisa dianggap kurang serius oleh pihak perusahaan. Jadi, buatlah CV kreatif hanya untuk posisi-posisi kreatif (misalnya Desainer Grafis, Copywriter, Editor Fashion, dll), atau bila diminta dalam lowongan. Sebagai informasi, CV kreatif dapat dibuat dalam bentuk apapun, dan berbahan apapun, misalnya poster, bahkan T-Shirt.

CV Formal: Klasik dan Tak Terbatas Posisi
Resume alias CV dalam bentuk penjabaran dengan kata-kata dan kalimat adalah bentuk yang paling umum sekaligus paling diterima oleh berbagai industri dan posisi. Bila ingin membuat CV kreatif yang baik, isi harus mengacu pada kejelasan yang ada dalam CV formal, yaitu data pribadi, latar belakang pendidikan, keahlian, pengalaman kerja, serta prestasi (bila ada). Selain itu, meski tergolong formal, jelaskan kemampuan Anda dalam resume tanpa bertele-tele sehingga tidak membosankan orang yang membacanya.

Minus kebohongan
Bila diluar kendali, kalimat yang "menjual" kualitas diri dalam CV formal maupun CV kreatif dapat mengarah pada kebohongan, yaitu pada penjabaran keahlian dalam resume dengan sesuatu yang tidak dapat dibuktikan secara nyata. Hindari berbohong dalam resume karena hal tersebut hanya akan memperburuk citra Anda di mata perusahaan.

Jadi, CV formal atau CV kreatif adalah pilihan Anda sendiri dan bergantung pada kebutuhan posisi dan industri yang Anda inginkan. Jadilah kreatif pada tempat dan saat yang tepat.
(mps)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hallo sob, mohon dukungannya ya untuk kontes Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1 dan juga Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1, Terima Kasih.