Pages - Menu

Senin, 27 Juni 2011

Minuman Terbaik Setelah Berolahraga

Minuman apa yang anda minum setelah selesai berolah raga?
 
Pada umumnya, orang akan meminum minuman air mineral atau minuman isotonik yang dianggap dapat mengembalikan kesegaran dan mengembalikan dengan cepat kadar air yang terbuang melalui keringat.
 
Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa susu cokelat ternyata lebih ideal dikonsumsi untuk memulihkan kondisi tubuh seseorang setelah berolahraga.
 
Mengapa demikian?
"Atlet amatiran mendapatkan dirinya lebih baik dalam proses pemulihan fisik setelah melakukan latihan yang berat ketika ia minum susu cokelat rendah lemak," ujar ketua penelitian, Dr John Ivy, seperti dikutip dari Dailymail, Jumat (24/6/2011).
 
Dr Ivy menuturkan partisipan yang ikut dalam studi ini memiliki komposisi tubuh yang lebih banyak otot dan sedikit lemak, serta pemulihan fisik secara keseluruhan yang lebih baik dibanding dengan partisipan lain yang mengonsumsi minuman olahraga.
 
"Kami belum mengerti benar bagaimana mekanisme yang terjadi ketika seseorang mengonsumsi susu cokelat justru akan memberikan manfaat yang cukup signifikan," ujar Dr Ivy.
 
Dibandingkan dengan susu putih, air atau minuman olahraga, susu cokelat memiliki kandungan karbohidrat dua kali lipat dan protein yang cocok untuk mengatasi otot-otot yang lelah setelah berolahraga.
 
Jika seseorang mengonsumsi air putih setelah berolahraga maka hal itu hanya berfungsi menggantikan cairan tubuh yang keluar melalui keringat sehingga mencegah dehidrasi, sedangkan pada susu cokelat ia menyediakan karbohidrat ke otot yang bisa dimetabolisme.
 
Dalam studi ini Dr Ivy dan tim membandingkan manfaat dari mengonsumsi susu cokelat rendah lemak dengan minuman berolahraga yang dikonsumsi oleh 10 atlet sepeda serta 32 pesepeda amatir. Hasil dari penelitian ini telah dipublikasikan dalam The Journal of Strength and Conditioning Research.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hallo sob, mohon dukungannya ya untuk kontes Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1 dan juga Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1, Terima Kasih.